-->

Ads 720 x 90

Tutorial Cara Menanam Sawi Pakcoy Hidroponik Sederhana dan Tidak Ribet

SAWI PAKCOY HIDROPONIK - Ketemu lagi dengan BLOK Farm pada video kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menanam pakchoy menggunakan metode Hidroponik. Disini sudah ada pakchoy yang berumur sekitar 35 hari. Pakchoy ini ditanam menggunakan sistem Wick, menggunakan gabus yang tutorialnya juga sudah ada. Saya akan menunjukkan bagaimana cara perawatan atau cara mengganti air nutrisi dari sistem hidroponik ini . Disini terlihat air agak keruh dan sedikit berminyak ini artinya ada masalah dengan air nutrisi jadi kita nanti akan mengganti air ini dengan air nutrisi yang baru yang ada kita buang lalu kita ganti dengan yang baru.Mari kita buang air nutrisinya.
Tutorial Cara Menanam Sawi Pakcoy Hidroponik Sederhana dan Tidak Ribet

Setelah bak ini kita kosongkankita isi lagi menggunakan air baku yang baru Setelah kita tuang airnya,lalu kita tambahkan pekatan nutrisi AB Mix nyaLalu kita aduk Setelah kita masukkan nutrisi AB Mix Lalu kita ukur menggunakan TDS Meter target kita adalah 1200 ppm, Mari kita ukur Disini tertulis 1130 ppmJadi tidak masalah, tidak perlu kita tambahkan lagi. Ini adalah perawatan yang pertama yaitu mengganti air nutrisi atau air secara keseluruhan Jika air terlihat kotor atau keruh.

Perawatan yang kedua adalah ketika air terlihatbening namun nutrisinya berkurang yaitu kalau kita ukur menggunakan TDS Meter, ppm nya berkurang Kita tidak perlu mengganti air nutrisi tersebut, kita hanya menambahkan pekatan аb mix saja. Setelah kita ganti airnya, kita kembalikan lagi tanamannya. kita akan melihat perkembangan pakchoy yang berumur sekitar 24 hari menggunakan sistem hidroponik yang sederhana yaitu menggunakan sterofoam buah atau box buah bekas disini terlihat sudah ada 7 daun sejati yang lain juga dan besarnya kira-kira segini ada daun yang mengkerut, ini pasti ada kendala dengan nutrisinya kita cek bagian dalamnya untuk air nutrisinya masih terlihat agak kemerahan berarti tidak perlu diganti atau ditambah untuk akarnya, terlihat putih dan bersih berarti tidak ada masalah dengan penyerapan nutrisiatau tidak ada kendala dengan akarnya. 

Kita akan melihat perbandingantanaman pakchoy dengan umur yang sama tapi ditanam menggunakan sistem NFT. Mari kita lihat! Ini adalah tanaman pakchoy yang berumur 24 hari Sama dengan yang ada di sistem Wick tadi. Tapi ini ditanam menggunakan sistem Hidroponik NFT Kalau dilihat jumlah daunnya lebih banyak dari pada yang tadi Dan ukuran daunnya lebih besar daripada yang ditanam menggunakan sistem Wick. Inilah kelebihan dari sistem NFT, pertumbuhannya bisa lebih cepat dan ini terlihat seragam selain itu daunnya terlihat lebih sehat daripada yang tadi. Selanjutnya Saya akan membandingkan tanaman pakchoy yang ditanam menggunakan sistem wick ini dengan pakchoy yang ditanam menggunakan sistem NFT Ini adalah tanaman pakchoy yang saya tanam menggunakan sistem yang berbeda namun umurnya sama. jadi menyemai bareng, pindah tanampun bareng namun yang sebelah kiri, saya tanam menggunakan sistem NFT dan yang sebelah kanan menggunakan sistem Wickdisini terlihat perbedaannya Dari ukuran, jelas yang sistem NFT terlihat lebih besardan yang sistem Wick lebih kecil ukurannya Jumlah batang atau jumlah daunnya juga lebih banyak yang sistem NFT dan untuk lebar daun, lebih lebar yang sistem NFT Demikian tadi tutorial cara menanam pakchoy menggunakan metode hidroponik.
Bloklimasatu
adalah wadah untuk membagikan setiap informasi dan pengetahuan yang kami terima maupun ide dan cerita yang ada dalam pikiran untuk diketahui oleh banyak orang agar bisa bermanfaat bagi sesama.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter