Wednesday, May 23, 2018

Hidroponik Untuk Masa Depan Lebih Sehat

Tanaman.bloklimasatu.com - Hidrponik adalah slah satu jenis menanam. Dimana umumnya menanam banyak memanfaatkan tanah sebagai media tanam, beda dengan hidroponik yang hanya memanfaatkan air sebagai media utamanya. Meski menjadikan air sebagai media utama, tidak serta merta air saja yang menjadi medianya, ada beberapa media pendukung, khususnya dalam hal nutrisi.

Hidroponik Untuk Masa Depan Lebih Sehat - Tanaman.bloklimasatu.com

Sebagaimana yang saya bahas diatas tadi bahwa disamping air sebagai media utamanya, banyak faktor pendukungnya. Sebut saja paralon. Untuk apa paralon dugunakan menanam hidproponik? Paralon digunakan sebagai wadah, atau tempat menampung air yang mana nantinya akan ditempatkan beberapa lobang yang digunakan mengisi tanaman. Paralon dipilih karena bobotnya yang ringan dan mudah untuk menstabilkan masa air. dan dalam hal biasanya disebut dengan hidroponik paralon.

Di kota kota besar, sudah banyak penduduk yang memanfaatkan pekarang rumahnya dengan tanaman hidoponik ini, alasannya pun beragam, mulai dari sebagai sampingan saja, mengisi waktu kosong, mendapatkan sumber makanan yang higienis dan organik karena memang hasil tanam sendiri, yang intinya ingin menjadikan masa depan yang lebih sehat.

Bila anda melihat di kota besar banyak orang yang lebih memilih hidroponik karena memang tidak punya pekarangan sebagai saran bercocok tanam dan penghasilan yang berlimpah sehingga mampu membeli paralon yang harganya tidak murah, mungkin alasan ini bisa diterima, namun tidak sepenuhnya, jika alasannya adalah kesehatan. Lalu bagaiamana dengan anda yang di pedesaan? Tenang, masih banyak solusi jika anda berkeinginan kuat. Anda bisa membuat hidroponik sederhana dengan memanfaatkan botol bekas minuman, gelas kaca yang sudah tidak terpakai, atau masih banyak cara lain yang bisa anda manfaatkan.

Lalu tanaman apa saja yang bisa di hidropikkan? Banyak. Karena tujuan utama hidroponik adalah pemenuhan kebutuhan dapur untuk rumah tangga, tentunya tidak muluk dulu sebagai pemula. Anda bisa menanam jenis sayuran daun seperti bayam, kangkung, brokoli, dan sebagainya. Katanya untuk kebutuhan dapur, apa bisa kita membuat hidroponik cabe? Tentu saja bisa. Tinggal pandai pandainya anda untuk mengatur ketinggian air, tiang penyangga agar batang tidak roboh, dan tentunya nutrisi yang cukup.

Setelah kita bicara panjang lebar tentang hidroponik, muncul pertanyaan, apa sebenarnya manfaat hidroponik? manfaat hidroponik adalah kualitas tanaman yang bagus dan baik bagi kesehatan, tidak bergantung pada lahan yang luas, karena bisa anda buat secara bertingak sesuai selesa, dan lagi karena tidak membutuhkan lahan yang luas dan bisa bertingkat maka otomatis penghasilan anda akan meningkat sesuai banyaknya tingkat yang anda buat. 

Demikianlah sedikit pemaparan mengenai hidroponik untuk masa depan yang lebih sehat. Semoga anda tercerahkan dan semakin termotivasi untuk hidup lebih sehat lagi dengan adanya tulisan ini. Untuk menambah bahan dan keterampilan anda, tidak ada salahnya untuk mencari referensi tambahan berupa video hidroponik di youtube ataupun media lainnya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Hidroponik Untuk Masa Depan Lebih Sehat
4/ 5
Oleh