Monday, April 30, 2018

Selayang Pandang Pemanfaatkan Pekarangan Belakang Rumah Dengan Tanaman Obat

Selayang Pandang Pemanfaatkan Pekarangan Belakang Rumah Dengan Tanaman Obat - tanaman.bloklimasatu.com
Tanaman.bloklimasatu.com - Sebelum kita membahas lebih jauh pemanfaatan area belakang rumah untuk tanaman obat atau biasa disebut dengan apotek hidup alangkah baiknya kita memahami dulu pengetian tanaman obat. Tanaman obat adalah tanaman yang berfungsi untuk mengobati penyakit makhluk hidup. Karena bisa jadi satu tanaman bisa menghobati tanaman yang lain. Akhir-akhir ini kesadaran manusia akan akan tanaman obat semakin meningkat siring banyaknya obat obatan palsu, atau efek bahaya yang berkepanjangan dari obat obatan sintetis.

Sebenarnya sejak jaman nenek moyang kita sudah dikenalkan macam macam tanaman obat dan bagaimana cara mengobati suatu penyakit dengan memanfaatkan tanaman yang ada disekitar rumah kita. Namun dengan adanya modernisasi, cara itu mulai ditinggalkan. Dan entah siapa yang memulai, cara tradisional dianggap mistis dan menakutkan, sehingga generasi penerus banyak yang meninggalkannya.


Disamping mengenalkan macam macamnya, kita sebenarnya sejak kecil juga sudah dikenalkan dengan daftar tanaman obat dan khasiatnya di sekolah, baik sekolah dasar negeri maupun madrasah ibtidaiyah yang biasa disebut dengan apotik hidup. Namun karena penjelasan yang kurang menantang, atau memang rendahnya minat anak pada tanaman obat, lambat laun sekolahpun mulai mengurangi bahkan meniadakan pembahasan ini.

Masih ingat dalam ingatan saya bagaimana waktu di sekolah dasar dulu, disamping dikenalkan dengan macam macam, nama, dan khasiatnya, kita juga dikenalkan dengan nama latinnya serta khasiatnya dalam bahasa latin, dengan tujuan ketika kita berkunjung ke luar negeri tidak kesulitan memahami istilah dalam pengobatan tradisional. 

Sebenarnya kalau kita mau, sedikit dari halaman belakang rumah kita sangat cukup untuk membuat apotek hidup dengan koleksi 100 jenis tanaman obat atau bahkan lebih. Karena tanaman obat tidak melulu tumbuh tumbuhan yang sulit dicari dipegunungan seperti jamur, atau bunga yang hanya tumbuh di dasar lebih seperti yang biasa digambarkan dalam film china, tetapi rerumputan atau bahkan semak belukar yang terkadang mengganggu pemandangan memiliki fungsi yang sangat vital untuk kesehatan kita.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang akan datang saya akan membahas bagaimana mengidentifikasi tanaman obat agar tidak salah dalam mennetukan fungis dan manfaatnya, serta pengenalan jenis tanaman obat dan cara membuatnya. Sehingga apotek hidup yang ada dihalaman belakang rumah kita bisa bermanfaat sepenuhnya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Selayang Pandang Pemanfaatkan Pekarangan Belakang Rumah Dengan Tanaman Obat
4/ 5
Oleh